Pemasaran menurut para ahli, ruang lingkupnya terbatas pada bidang bisnis saja. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, aktivitas pemasaran tidak lagi sekadar beruang-lingkup di bidang bisnis saja, tetapi jangkauannya telah melebar ke berbagai dimensi yang lain. Dewasa ini, pemasaran tidak lagi digunakan oleh koorporat bisnis saja, tetapi organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan atau departemen-departemen pemerintah juga menggunakannya. Jadi, pemasaran
tidak terbatas dalam dunia bisnis saja, tetapi mempunyai makna
kemasyarakatan yang luas. Sebenarnya, para pelaku pemasaran melaksanakan
usaha pemasaran dari 10 jenis wujud, yaitu :
- Organisasi
Pemasaran organisasi ditujukan untuk menaikkan nama dan citra organisasinya di mata masyarakat umum.
Dan tugas suatu organisasi adalah untuk mengatur kegiatan – kegiatan
dengan baik, manajer juga harus menentukan komposisi strukutur
organisasinya. Disini organisasi juga bertanggung jawab pada :
perencanaan dan perdagangan barang, periklanan, riset pemasaran,
analisis dan pengawasan penjualan, perencanaan saluran, teritorial dan
kuota, pengawasan persediaan, penjadwalan produksi, serta distribusi.
- Pasar
Adalah
orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja
dan kemauan untuk membelanjakannya atau suatu tempat yang dianggap
mempunyai nilai jual yang tinggi akan berusaha untuk memasarkan
tempatnya. Misalnya suatu kota yang memiliki banyak bangunan bersejarah.
Pada pokoknya pasar di kelompokkan menjadi 4 golongan yaitu :
a. Pasar konsumen: sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi dan barang yang dibeli adalah barang konsumsi.
b. Pasar industri : pasar yang terdiri atas individu dan lembaga yang membeli
barang-barang untuk dipakai lagi baik secara langsung maupun tidak
langsung dan barang yang dibeli adalah barang industri.
c. Pasar penjual
: suatu pasar yang terdiri atas individu dan organisasi yang membeli
barang dengan maksud dijual atau disewakan lagi agar mendapat laba.
d. Pasar pemerintah : pasar dimana terdapat lembaga – lembaga pemerintahan, seperti : departemen-departemen, direktorat, kantor dinas, dll.
- Produk
Produk yang dimaksud disini adalah semua barang dan jasa yang dihasilkan atau diproduksi oleh suatu perusahaan dan kemudian memasarkannya.
- Saluran Distribusi
Saluran yang digunakan produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.
- Penentuan harga
Ada dua pendekatan pokok dalam penentuan harga jual yaitu : pendekatan biaya dan pendekatan pasar atau persaingan.
- Promosi dan periklanan
Ialah
komunikasi nono-individu, dengan sejumlah biaya melalui berbagai media
yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non-laba, serta
individu-individu.
Jadi dalam artian, ruang lingkup pasar mencakup pengertian yang lebih luas dan tidak hanya terbatas pada konsumen langsung dari produk, jasa dan ide-ide.
Sumber
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar