Siklus hidup suatu produk yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu : introduce, growth, maturity dan decline.
1) Tahap Introduce aLias Perkenalan
Pada
tahap introduce ini produk baru lahir dan belum ada target konsumen yang
tahu sehingga dibutuhkan pengenalan produk dengan berbagai cara kepada
target pasar dengan berbagai cara.
2) Tahap Growth aLias Pertumbuhan
Ketika
berada pada tahap growth ini, konsumen mulai mengenal produk yang
perusahaan produksi dengan jumlah penjualan dan laba yang meningkat
pesat dibarengi dengan promosi yang kuat. Hal ini akan menyebabkan
semakin banyak penjual dan distributor yang turut terlibat dengan tujuan
untuk mengambil keuntungan dari meningkatnya permintaan pasar terhadap
produk perusahaan tersebut.
3) Tahap Maturity aLias Kedewasaan
Di
tahap maturity ini produk perusahaan mengalami titik jenuh hal tersebut
ditandai dengan tidak terjadi penambahan konsumen yang ada sehingga
angka penjualan tetap di titik tertentu. Jika produk sudah mencapai
tahap ini, dan perusahaan tidak segera melakukan strategi untuk menarik
perhatian konsumen dan para pedagang. Hal ini akan mengakibatkan keuntungan yang diperoleh semakin menurun serta penjualan yang cenderung turun.
4) Tahap DecLine aLias Penurunan
Pada
tahap decline produk perusahaan mulai ditinggalkan konsumen untuk
beralih ke produk lain karena produk tersebut sudah tidak memenuhi
kebutuhan konsumen atau ada produk lain yang lebih bagus baik dari segi
kualitas maupun kuantitas. Hal ini akan mengakibatkan jumlah penjualan
dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedagang akan menurun drastis
atau perlahan tapi pasti dan akhirnya mati.
Jika dilihat dari
berbagai definisi tahapan dalam siklus tersebut, dapat dikatakan bahwa
produk elektronik biasanya mempunyai siklus hidup yang cepat
mengalami tahap decline, hal ini disebabkan karena kemajuan teknologi
yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Contoh, flashdisk dengan
kapasitas 128 mbyte, pasti saat ini sudah mengalami tahap decline.
Sekarang orang jika ingin berniat membeli flashdisk mungkin akan mematok
untuk membeli flashdisk minimal dengan kapasitas 2 Gigabyte. Bahkan
toko-toko elektronik dan komputer sudah tidak mnyediakan lagi flashdisk
dengan kapasitas 128 Megabyte. Sedangkan produk yang mempunyai daur
hidup agak lama untuk mencapai tahap decline adalah makanan dan minuman
(tergantung jenis makanan dan minumannya Lho!!). Contoh nasi, saya
berani menjamin bahwa 10 tahun mendatang pasti bangsa Indonesia masih
setia untuk makan nasi. Contoh lainnya aqua, sejak
berdirinya aqua sampai sekarang (puluhan tahun) tetap memimpin pasar dan
masih ada di tahap growth. Mungkin jika suatu saat air jernih menjadi
langka di Indonesia,, pasti produk aqua semakin laku di pasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar